Kamis, 07 November 2019

Model Pemrograman Big Data


Model Pemrograman Big Data







Berbagai macam model pemrograman yang digunakan pada Big Data meliputi penggunaan data intensif, komputasi data streaming, pemrosesan banyak data, tingkat performansi yang tinggi (throughput), dan pemrosesan  data yang berorientasi pada kolom data. Berikut ini beberapa proses pemrogra- man pada Big data.
1.   MapReduce
Merupakan sebuah model pemrograman tingkat tinggi yang memban- gun sebuah peta dan mengurangi fungsi pengelompokan data yang didistribusikan dari beberapa node yang ada. Peta yang dibangun berfungsi untuk memfillter dan mengurutkan data sedangkan fungsi Reduce adalah menggabungkan beberapa hasi outputan peta untuk menjadi suatu hasil akhir. Beberapa contoh aplikasi yang menggu- nakan model pemrograman MapReduce adalah Hadoop MapReduce, Apache Spark, Aneka MapReduce.

2.   Thread/Task Data Intensive Mode
Model pemrograman yang digunakan pada aplikasi tingkat tinggi den- gan sebuah logika komputasi yang didasarkan pada batas waktu teng- gat sebuah aplikasi. Model pemrograman ini biasanya digunakan untuk pemrograman suatu alur kerja, misalnya Aneka.

3.   Machine Learning Tools
Merupakan sebuah pembelajaran pada suatu mesin yang digunakan un- tuk pengambian sebuah keputusan. Contoh beberapa perangkat yang menggunakan pemrograman ini adalah Hadoop Mahout.

4.   Big Query Language
Merupakan sebuah generasi baru dalam hal pengenalan suatu bahasa. Model pemrograman ini biasanya melibatkan pencarian data teks. Salah satu contoh aplikasi dari pemrograman ini adalah pencarian suatu kata berdasarkan frekuensi kemunculan menggunakan Google Big Query Data Analisis. Selain model pemrograman, sistem komputasi pada Big Data juga membu- tuhkan mekanisme penjadwalan. Pada sistem komputasi big data terdapat dua jenis penjadwaan yang digunakan yaitu Query Schedulling dan Intensif
 Data Scheduling. Query Scheduling merupakan sebuah penjadwaan yang di- dasarkan dengan adanya permintaan dari beberapa data baru yang masuk. Sedangkan intensif data merupakan penjadwalan yang didasarkan pada be- saran data yang ada pada database guna mendapatkan waktu yg lebih efektif dan efisien

0 komentar:

Posting Komentar