Implementasi Big Data Indonesia
dalam Teknologi Modern
Di era digital yang dipenuhi teknologi modern ini,
volume data berkembang dengan sangat eksponensial atau pesat. Dan data-data
yang ada juga hadir dari berbagai sumber, mulai dari log files, data sensor,
sosial media, file audio dan video, atau bahkan data dan informasi dari
perusahaan besar.
Rangkaian
dan kumpulan data itulah yang kini akrab disebut dengan istilah Big Data. Dan
pengelolaan Big Data yang tepat akan mampu menghasilkan analisis yang valid
atas sebuah fenomena dan permasalahan, baik itu untuk perusahaan ataupun
organisasi. Untuk itu dalam ulasan kali ini akan kami berikan sedikit informasi
seputar implementasi Big Data Indonesia dalam teknologi modern. Berikut ulasan
lengkapnya:
1.
Fraud
Detection & Prevention
Semakin
pesatnya perkembangan teknologi informasi, maka siapapun kini bisa
memaksimalkan kegunaannya. Dan yang menjadi permasalahan adalah, apabila
teknologi informasi ini disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk
melakukan hal-hal yang merugikan. Seperti misalnya kejahatan finansial,
pelanggaran protokol dan database internet, klaim penipuan, dan berbagai
pelanggaran lainnya yang kerap menimpa perusahaan atau organisasi.
Atas
permasalahan inilah Big Data perlu dimaksimalkan kinerja dan potensinya untuk
terus mengawasi aktivitas dalam jaringan internet. Dengan himpunan Big Data
yang valid, perusahaan mampu menyimpan riwayat data dengan lebih aman ke dalam
satu sistem cloud dengan akses dan tingkat keamanan jaringan yang tinggi.
2.
Customer
Priority
Teknologi
modern saat ini harus bisa dimaksimalkan oleh perusahaan atau para pelaku usaha
untuk memudahkan konsumen. Dan dengan hadirnya sistem Big Data maka seluruh
data konsumen bisa terekam secara real time. Ini akan bermanfaat untuk proses
analisis data yang valid dan cepat. Hasil dari implementasi analisis data
konsumen ini akan memberi output berupa langkah kongkrit yang bisa dilakukan
oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
3.
Recommendation
Engines
Big
Data adalah jawaban atas kebutuhan bisnis di era digital yang ingin mencoba
hyper-personalization dengan recommendation engines tools untuk meningkatkan
ketepatan waktu atas setiap produksi dan penjualan. Dan ini merupakan peluang
untuk meningkatkan penjualan silang demi menghasilkan efisiensi kerja dan
profit yang berlipat.
4.
Social
Media Movement
Sekarang
ini, sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui gaya hidup konsumen
dan target pasar. Perusahaan harus bisa berinteraksi dengan para konsumen lewat
berbagai hal, seperti sosial media misalnya. Dan dalam proses interaksi ini,
Big Data akan berperan dalam merekam setiap jejak digital konsumen atau calon
konsumen. Sehingga Anda mengetahui siapakah orang yang berminat dengan usaha
Anda dan bagaimana langkah yang harus diambil untuk meningkatkan minat tersebut
menjadi ‘action’ sehingga jumlah pelanggan pun meningkat.
5.
Start
Up Media
Big
Data adalah salah satu hal paling penting yang harus dikuasai oleh perusahaan
start up, baik yang sudah besar dan memiliki banyak investor ataupun mereka
yang masih berkembang. Implementasi Big Data akan merekam aktifitas mesin
pencarian internet untuk kemudian Anda ketahui aktifitas apa yang sedang ramai dibicarakan.
Dengan
mengetahui hal-hal yang sedang trending saat ini, maka Anda juga bisa
meningkatkan kedekatan dengan konsumen. Seperti misalnya membuat konten yang
relevan dengan kejadian terkini atau menghadirkan produk yang sesuai dengan
hasil analisis trend pasar melalui Big Data.
Dan
demikianlah beberapa ulasan yang bisa kami berikan seputar implementasi Big
Data Indonesia dalam teknologi modern. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa
menjadi acuan Anda agar terus memaksimalkan Big Data untuk memajukan perusahaan
dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar