Kamis, 07 November 2019

Contoh Aplikasi IoT dan Big Data

Contoh Aplikasi IoT dan Big Data



Saat ini terdapat beberapa perangkat ataupun aplikasi yang menggunakan sistem dari Internet Of Things maupun sistem dari Big data. Salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi dari Internet of Things adalah Ubiq- uitous Network Robot Platform Development For Tracked Swarm Disaster Robot in Human Detection. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi robot dalam hal untuk menanggulangi sebuah ben- cana.
Robot memiliki keunggulan dalam mampu menjangkau daerah yang sulit dan berbahaya bagi manusia dan dapat dipersiapkan secara cepat serta mampu melakukan kegiatan penyelamatan seperti pencarian, pengujian, inspeksi (dalam skala terbatas.Pengembangan robotika untuk operasi penyelamatan bertumpu pada dua kegiatan, yaitu pengembangan platform hardware seperti robot beroda, robot ular, robot berkaki atau yang sejenisnya dan perangkat lunak yang mendukung kinerja robot tersebut. Selain itu, konsep robot dengan menggunakan konsep cloud pun sudah memasuki zamannya untuk membebaskan sumber internal agar dapat digunakan untuk fungsi yang lain.


Swarm robot merupakan sekumpulan robot yang dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi medan bencana. Komunikasi diantara anggota robot dapat mewujudkan pendelegasian tugas sehingga target dapat tercapai. Peng- gunaan UNRPF pada swarm robot dapat memanfaatkan teknologi internet  of things (IOT) pada sebuah model area bencana.

Dengan adanya penerapan teknologi IoT maka dapat digunakan untuk mengontrol swarm robot yang memiliki kemampuan navigasi dan berjalan dengan baik serta dapat mendeteksi korban dalam sebuah model medan bencana dimana user dapat menggunakannya secara mobile berbasis web serta penampilan data hasilpendeteksiankorbanoleh robot-robot tersebutse- cara real time. Berikut ini penggambaran jaringan komunikasi antar robot dan internet yang memanfaatkan teknologi IoT 1.11.


Desain Komunikasi dan Jaringan Swarm Robot


Kemudian contoh aplikasi lain yang menggunakan penerapan teknologi IoT dan Big Data adalah SEMAR (Smart Environment Monitoring and Analytics in Real-time system). SEMAR System merupakan sebuah aplikasi monitoring kualitas air berdasarkan lingkungan yang ada secara realtime. Pada SEMAR sistem ini terdiri beberapa aplikasi sistem yang saling terkoneksi diantaranya:

1. ROV yang dilengkapi dengan sensor kondisi air untuk mengetahui kon- disi air pada sungai yang mampu dikendalikan secara jarak jauh dan mampu mengirim data sensor ke pusat data melalui komunikasi kabel dan atau nirkabel.
2. Sensor kondisi air dan banjir yang diletakkan di daerah tertentu dengan tujuan mampu mengetahui kondisi air pada sungai, dan juga mampu mengukur arus air dan ketinggian air sungai sebagai pendeteksi awal bencana banjir.
3.  Pusat data yang menggunakan teknologi Big Data.
4. Sistem pendeteksi terumbu karang dengan menggunakan teknologi Rekonstruksi 3D bawah laut.

SEMAR System


Teknologi Big Data pada sistem SEMAR ini berfungsi sebagai pusat data yang berasal dari sensor  sensor air tersebut.  Semakin lama volume data  dari sensor akan semakin membesar dan akan semakin sulit untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Tanpa adanya analisa dari data-data yang banyak tersebut, maka data-data tersebut menjadi tidak berguna dan hanya membuang resource. Dengan adanya penerapan Big Data Analytic melalui beberapa parameter sensor yang digunakan dapat dibuat klasifikasi kualitas air dan memberikan early warning akan perubahan kondisi air sungai di suatu wilayah sehingga menghasilkan output informasi yang berguna bagi masyarakat, pemerintah dan pihak terkait.Sistem komunikasi yang digunakan pada tiap sensor agar menjadi satu kesatuan sistem SEMAR, menggunakan teknologi IoT (Internet of Things). Sehingga dengan adanya penerapan IoT pada sistem SEMAR ini user dapat memonitor kondisi kualitas air secara real time berdasarkan satu kesatuan komunikasi yang dihasilkan dari semua perangkat yang digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar